Hastu merupakan salah satu penerima Beasiswa Pandawa 2019. Dia merupakan salah satu mahasiswi berprestasi di jurusannya. Berikut adalah cerita dia saat menghadiri Event Google I/O 2019 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Halo perkenalkan, Nama saya Hastu Wijayasri. Biasanya dipanggil Hastu. Hastu merupakan satu-satunya Mahasiswi disabilitas Tuli mewakili Indonesia. Saya dengan bangga dan bersyukur akan menulis mengenai pengalamanku trip to Event Google I/O 2019 di San Fransisco, USA.

Day 1 : Berangkat dari Indonesia menuju Hongkong dan San Fransisco- 4 Mei 2019
Saya dan teman-teman DSC Lead dari Indonesia perjalanan ke San Fransisco dari Indonesia kira-kira memakan waktu 12 jam

Day 2 : Event Global Google Developer Groups Summit 2019 (official)–5 Mei 2019
Saya diundang oleh Erica Hanson ke Event GDGs Summit 2019 sebagai pembicara untuk mendampingi di bagian sesi Erica Hanson, Head of DSC. GDG seisi untuk berbagi cerita hal yang baru dari berbagai komunitas Google..

Setelah acara GDG, kami menyusul teman-teman DSC Lead yang juga ada acara mempresentasikan pengalaman-pengalaman selama menjadi Lead DSC di kampus masing-masing. Btw, saya bersama teman saya untuk menerjemahkan, kami ini member DSC di salah satu kampusku.

Day 3 : Trip to Google I/O 2019–6 Mei 2019
Hari pertama dengan dimulai Bulan Ramadhan 1440 H, kami berangkat ke Shoreline Amphitheatre dari hotel dengan menggunakan Bus yang sudah disediakan oleh Google. Setelah itu, kami registrasi ulang untuk mendapatkan badge dan souvenir. Shoreline Amphitheatre bertempatkan di San Fransisco, California yang masih di kawasan kantor-kantor Google yang sangat luas. Pagi itu pukul 7.30 pagi sudah bergegas ke tempat agar tidak ketinggalan acaranya, kami bersegera naik bus.

Lalu, kami mendapatkan kursi untuk sesi keynote speech yang akan dibawakan oleh CEO of Google, Sundar Pichai.

Kami sudah sangat antusias, tidak hanya kami tetapi seluruh peserta sudah tidak sabar akan menyaksikan keynote speech. Saya sendiri sangat takjub akan itu disaksikan oleh seluruh dunia, jadi di sana bisa bertemu dengan orang-orang di berbagai dunia. Karena Keynote speech akan menyampaikan hal-hal baru dari Google itu sendiri seperti rilis produk baru, rilis versi Android terbaru, inovasi baru, pengumuman penting, dll. keren kan?

Tepat pada pukul 10.00, CEO Google Sundar Pichai memasuki panggung dan memulai Keynote Speech. Berikut adalah sedikit ringkasan Keynote Speech Google I/O 2019

Setelah acara Keynote speech selesai, kami pun makan siang dengan makanan yang sudah disediakan. lalu, mengunjungi sesi-sesi seminar di berbagai gedung yang sudah tersebar. Ada bermacam-macam sesi yakni Android, AI, dll.. Saya mencoba testing Aplikasi ramah difabel dirilis oleh Google, Live Transcribe untuk bagi yang tidak dapat mendengar.

Lalu, disitulah saya bertemu dengan Sundar Pichai, CEO of Google bagi yang beruntung bertemu dengannya, kami pun berbincang sebentar dengan beliau mengenai fasilitas Difabel. Sungguh sangat berkesan waktu itu.

Setelah itu, kami mengunjungi ke Kantor Googleplex, Google developers, Google Merchandise Store, Google Lawn Statue. Tempatnya berjejeran dengan Shoreline, namun lumayan jauh. Kami bertempuh ke sana dengan jalan kaki.

Day 4 : Google I/O 2019 Mengunjungi sesi-sesi..
Mengunjungi ke berbagai sesi Sandbox Flutter, Google Assistant dan Cloud. Dari sesi itu, kami lumayan mendapatkan ilmu pengetahuan baru, berbincang dengan developer, lainnya. Dapat mencoba secara langsung teknologi Google yang sedang dikembangkan. Beberapa diantaranya adalah Google Stadia, AI Experiments, Chrome OS. Sangat takjub karena Google mampu mencakup orang-orang untuk menciptakan sebuah inovasi yang baru dan bermanfaat untuk orang-orang sekitar dan berbagai dunia. Kami sangat terinspirasi dan rasanya ingin belajar lebih banyak lagi dari mereka.

Sore petang itu, kami diundang di acara dinner sekaligus buka puasa bersama seluruh Tamu di bagian Asia Tenggara.

Day 5 : Masih mengunjungi Standbox dan persiapan kembali ke Indonesia..
Yang aku dapatkan dari Google I/O 2019, dapat bertemu dengan orang-orang di berbagai dunia, berbincang dengan para profesional, belajar bahasa inggris lebih banyak, mendapat apresiasi karena mereka sangat ramah, maupun ilmu baru. Mendapatkan semangat yang luar biasa. Nanti akan pulang ke Indonesia membawa pengalaman yang sangat berkesan dan akan melanjutkan apa yang direncanakan. Oleh karena itu, sebagai disabilitas Tuli yang pertama kali diundang oleh Google tahun ini yang biasanya orang umumnya dapat diundang. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada dosen saya, kakak lead DSC di kampus saya, orang-orang sekitar yang mendukungku akan kelanjutanku.

Pada hari itu usai mengunjungi Standbox, kami tidak dapat mengikuti ke Golden State, icon jembatan yang terkenal di San Fransisco, USA. Saya bergegas dan persiapan kembali ke Indonesia pada siang hari.

Oiya, untuk lebih selengkapnya bisa lihat di youtube saya channel Hastu Wijaya.. https://youtu.be/JCvu7BoWAbQ

Many thank you and happy reading.. 🙂

Tulisan ini diambil dari https://medium.com/@hastuayu/pengalaman-developer-tuli-menghadiri-event-google-i-o-2019-di-san-fransisco-1486242c5f21

Categories: Lain-lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *