Komunitas Belajar Sedekah Bersama KKN-PPM-UGM KLU-01 2016 Dukung Gerakan Sepunggur Membaca

Beberapa waktu yang lalu, Komunitas Belajar Sedekah bekerjasama dengan KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada mengadakan penggalangan buku anak-anak untuk perpustakaan SD Filial di daerah Sepunggur guna mendukung “Gerakan Sepunggur Membaca”. Sepunggur merupakan unit transmigrasi baru di Kalimantan Utara.

Dari penggalangan donasi yang dilakukan Komunitas Belajar Sedekah selama 4 hari yakni pada 02-06 November 2016 terkumpul sekitar 80 buku yang terdiri dari buku pelajaran, buku bacaan, buku keagamaan dan Al-Qur’an. Selanjutnya, donasi yang telah terkumpul diserahkan kepada perwakilan KKN-PPM-UGM KLU-01 2016 pada 07 November 2016 dan dikirimkan ke Sepunggur pada 08 November 2016.

Alhamdulillah, paket donasi buku yang terkumpul telah sampai dan diserahkan oleh Ridho Sabdo Prayogo sebagai Koordinator Mahasiswa Unit KKN-PPM UGM KLU-01 2016 kepada Ibu Sri Astri sebagai istri dari Kepala Unit Pelaksana Tugas Pemukiman Transmigrasi Sepunggur, sekaligus sebagai guru SD kelas 3 di SD Filial Sepunggur.

Serah terima donasi

Serah terima donasi

Perlu diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar di SD Filial ini baru dimulai 7 November 2016, 2 minggu setelah kedatangan transmigran di Unit Pemukiman Transmigrasi Sepunggur, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Anak-anak semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM)

Anak-anak semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM)

SD ini bangunannya memakai balai desa untuk dijadikan tempat belajar. Siswa-siswanya harus menempuh sekitar 4 km dari rumah menuju sekolah. Sebagian besar mereka pergi ke sekolah jalan kaki atau naik sepeda. Adanya buku-buku tersebut sangat membantu siswa-siswi SD Filial Sepunggur yang sangat semangat belajar.

Penampakan SD Filial dari depan

Penampakan SD Filial dari depan

Foto bersama anak-anak dan KKN-PPM-UGM KLU-01 2016

Foto bersama anak-anak dan KKN-PPM-UGM KLU-01 2016

Terima kasih, kami ucapkan kepada donatur dan semua pihak yang telah membantu kegiatan ini. Semoga “Gerakan Sepunggur Membaca” dapat terus berjalan.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *