Belajar Sedekah Dukung Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya Jateng 2016

Ekspedisi Nusantara Jaya merupakan kegiatan yang digagas oleh Kemenko Kemaritiman RI. Misi kegiatan ini adalah meningkatkan wawasan kemaritiman generasi muda dan merajut pulau-pulau terluar wilayah Republik Indonesia.

Ekspedisi ini berlangsung mulai bulan Agustus-Oktober 2016 dengan memberangkatkan sekitar 2000 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa di 28 Universitas di Indonesia dan pemuda yang telah dinyatakan lulus seleksi oleh panitia pusat.

ENJ_2016 (2)

Untuk Ekspedisi Nusantara Jaya Jateng (ENJ) sendiri dilaksanakan selama 10 hari pada tanggal 15-25 Oktober 2016 dengan melibatkan 18 peserta yang berasal dari Kudus, Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Mayoritas peserta adalah kalangan mahasiswa, satu anak SMA, dan beberapa sudah terjun ke dalam dunia kerja.

Adapun sasaran pelaksanaan Ekspedisi Nusantara Jaya Jateng berada di Dusun Telaga, Desa Kemujan, Kecamatan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dalam kegiatan ini, peserta membawa barang-barang yang siap untuk didonasikan berupa baju bekas layak pakai dan buku.

ENJ_2016 (4)

Selain memberikan donasi berupa barang, tim Ekspedisi Nusantara Jaya Jateng juga memberikan sosialisasi mengenai bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan kepada masyarakat setempat. Di bidang pendidikan, tim memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan.

Dalam bidang kesehatan, tim memilih sosialisasi PHBS dan P3K karena fasilitas kesehatan kurang memadai di sana. Jika masyarakat Desa Kemujan mampu berperilaku hidup bersih, menangani luka ringan dengan semestinya, tentu masalah kesehatan yang serius dapat dicegah. Beberapa serangan hewan liar seperti ular dan kalajenging juga menjadi salah satu masalah yang belum terpecahkan hingga saat ini. Tim berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan pola hidup bersih agar terhindar dari serangan hewan-hewan tersebut.

ENJ_2016 (3)

Dalam bidang lingkungan, tim mensosialisasikan program bersih pantai, recycle barang bekas, dan kerja baktii. Dalam memanfaatkan barang bekas, tim menggunakan drum bekas dengan modifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi panggung pentas seni. ENJ berbagi terfokus pada donasi barang-barang bekas kepada penduduk Kemujan yang membutuhkan.

Dalam kegiatan tersebut, tim Belajar Sedekah pun turut mendukung misi dan pelaksanaan Ekspedisi Nusantara Jaya Jateng dengan menyumbangkan donasi berupa uang tunai Rp 500.000,-.

ENJ

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *