Akhirnya Taman Baca di Distrik Sugapa, Intan Jaya Bisa Terbentuk

Setelah beberapa bulan berlalu dari waktu penyerahan bantuan untuk pembuatan taman baca di Sugapa, Intan Jaya, Tim KKN-PPM UGM PPA-01 melaporkan bahwa taman baca untuk anak-anak disana telah terbentuk dengan kerjasama Gereja Katolik lama setempat yang fungsinya sudah berubah menjadi ruang serbaguna Gereja untuk kegiatan umat.

Gereja Katolik dipilih dengan alasan kebutuhan tempat yang dapat menjamin keberlangsungan taman baca karena sebenarnya telah ada taman baca yang dibangun oleh TIM KKN tahun sebelumnya. Namun, kini tak berbekas akibat buku-buku yang ada dibakar oleh oknum masyarakat karena alasan pribadi.

Selain dengan pihak Gereja, tim juga berkoordinasi dengan guru penggerak daerah terpencil serta kepala sekolah Bilogai (sekolah yang dekat dengan Gereja Katolik Lama) untuk menjaga taman baca bersama masyarakat melanjutkan pembangunan perpustakaan guna mewujudkan Intan Jaya Pintar.

Dari pengumpulan donasi buku yang dilakukan teman-teman KKN di Yogyakarta yang bekerja sama dengan Ilmu berbagi dan Belajar Sedekah, akhirnya terkumpul sejumlah 200 buku yang saat ini mengisi taman baca di Distrik Sugapa tersebut.

Adapun buku-buku yang mengisi taman baca yakni buku bacaan ringan, buku pelajaran (IPS, IPA), dan bacaan-bacaan ilmu pengetahuan umum serta komik. Tak hanya buku, Tim KKN-PPM UGM PPA-01 pun juga melengkapi taman baca dengan alat-alat peraga belajar guna mempermudah pemahaman dan menambah ketertarikan untuk belajar serta mendukung daya kreatifitas anak-anak di Distrik Sugapa.

Saat ini, taman baca dimanfaatkan oleh Sekolah Cartensz yang memiliki 82 anak didik yang masih belum bisa menulisa dan membaca sampai SMP kelas 1.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan Tim KKN-PPM UGM PPA-01 terkait taman baca di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua:

sugapa2
sugapa7

sugapa4

sugapa1

sugapa5

Terimakasih atas donasi dan dukungan semua pihak yang telah membantu terbentuknya taman baca di Sugapa, Intan Jaya, Papua. Kiranya teman-teman semua tetap bersedia membantu pengumpulan buku untuk adik-adik kita disana.

Comments

comments

One thought on “Akhirnya Taman Baca di Distrik Sugapa, Intan Jaya Bisa Terbentuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *